Pencarian
Banner
HARDIKNAS 2020PPDB2018
Login Member
Username:
Password :
Statistik

Total Hits : 308268
Pengunjung : 96534
Hari ini : 1
Hits hari ini : 13
Member Online : 19
IP : 172.16.88.155
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

Just Pentest!    Muachh<3
Agenda
27 June 2022
M
S
S
R
K
J
S
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9

PERAN SEKOLAH, MENUJU NILAI KARAKTER UNGGUL DAN BERPRESTASI

Tanggal : 07-11-2021 19:38, dibaca 95 kali.

Oleh : Novita Sagitarani, S.Psi
Guru Bimbingan Konseling SMA Negeri 5 Tegal

Pendidikan nasional bertujuan mengembangkan potensi peserta didik untuk menjadi insan yang berilmu, berakhlak mulia, cakap, kreatif, dan bertanggung jawab sesuai dengan yang tertuang dalam Undang-undang  Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2003. Dengan tujuan pendidikan nasional tersebut, pemerintah kemudian mencanangkan penguatan pendidikan karakter (PPK) oleh seluruh stake holder dunia pendidikan. Dalam rangka memfasilitasi pengembangan nilai karakter unggul dan berprestasi peserta didik, maka hal ini sesuai dengan visi Sekolah yaitu terwujudnya insan berprestasi, mulia budi pekerti yang unggul dalam iman dan taqwa.

Pendidikan karakter penting untuk dikembangkan dan terus dikawal oleh karena pendidikan karakter sebagai pendidikan nilai, pendidikan budi pekerti, pendidikan moral, pendidikan watak, yang tujuannya mengembangkan kemampuan peserta didik untuk menilai baik-buruk, memelihara apa yang baik itu, dan mewujudkan kebaikan itu dalam kehidupan sehari-hari (Diknas, 2015).

Penanaman nilai karakter unggul dan berprestasi pada peserta didik di dunia pendidikan harus melalui kerja keras dikarenakan pengaruh penggunaan media digital dan internet dalam kegiatan belajar mengajar di sekolah sudah menjadi keharusan dalam membantu peserta didik mengakses berbagai ilmu dan pengetahuan.

Mudahnya akses media digital dan internet untuk mencari sumber rujukan ilmu dan pengetahuan tanpa harus ke perpustakaan sekolah yang masih menggunakan katalog manual. Kemudahan akses melalui perpustakaan digital dan internet, kita dapat dengan mudah membaca dan memperoleh informasi dari buku digital, hasil penelitian berupa jurnal atau makalah dari berbagai belahan dunia. Bahkan di Indonesia sudah mulai bermunculan lembaga pendidikan yang mengadakan kegiatan belajar mengajarnya secara digitalisasi atau online.

     Untuk mengurangi dampak negatif yang ditimbulkan revolusi digital, Presiden Ir. H. Joko Widodo sangat mendorong gerakan revolusi mental seperti gerakan Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Tujuan gerakan pendidikan karakter di sekolah yaitu memperkuat karakter peserta didik melalui sinergi antara olah hati (etika), Olah rasa (estetika), olah pikir (literasi), dan olah raga (kinestetik) dengan melibatkan masyarakat bekerjasama dengan sekolah dan keluarga.

      Penguatan pendidikan karakter di sekolah dalam rangka mengembangkan kualitas pendidikan melalui proses belajar mengajar di sekolah merupakan tugas guru, lebih utama peranan guru Bimbingan Konseling (BK) di samping guru mata pelajaran. Peranan guru BK dalam pendidikan di sekolah adalah membantu peserta didik dalam melewati setiap tahap-tahap perkembangan peserta didik yang optimal melalui bidang pembinaan yang meliputi bidang layanan pribadi, sosial, belajar, dan karir.

Guru BK diharapkan dapat menjalankan tugas sebagai pendidik yang berkualitas dan profesional harus mampu meningkatkan kompetensi peserta didik meliputi : (a) bidang belajar, disebut juga bidang akademik, diharapkan peserta didik mampu belajar untuk belajar (learn to learn), (b) bidang karir, disebut juga bidang vokasional, diharapkan peserta didik mampu belajar untuk menghasilkan (learn to earn), dan (c) bidang pribadi dan sosial, peserta didik mampu belajar untuk hidup (learn to life).

      Integrasi PPK dalam layanan BK memuat peranan guru BK dalam mengembangkan kebiasaan belajar di sekolah bekerjasama dengan guru mata pelajaran, wali kelas, dan instansi maupun yang dapat membantu mengembangkan karir peserta didik. Guru BK diharapkan membantu mengembangkan karir peserta didik dengan merancang bentuk-bentuk layanan BK sehingga dapat bekerja sama dengan guru mata pelajaran, wali kelas dan BK. Guru BK dalam melaksanakan layanan harus dapat mengidentifikasi penerapan prinsip-prinsip BK dalam proses pemberian layanan yang terintegrasi dengan PPK.

      Guru BK harus mampu membuat program dan memilih strategi pelayanan yang dapat membantu peserta didik dalam memilih pengalaman yang cocok untuk dirinya dan mampu mendayagunakan sebagian besar situasi pembelajaran yang dihadapi di era digital. Peserta didik secara umum harus memiliki pengetahuan tentang era informasi atau era teknologi termasuk keterampilan pengambilan keputusan, penuntasan masalah, berpikir kritis, membuat timbangan logis, perancangan tujuan, keterampilan dalam menggunakan perangkat teknologi, keterampilan melakukan transisi, keterampilan interpersonal dan kecakapan untuk melakukan pengorganisasian dan pengelolaan informasi. Rangkuman kompetensi di atas menggambarkan karakter unggul dan memiliki motivasi berprestasi yang tinggi. Hal ini sejalan dengan program pemerintah menuju generasi emas tahun 2045 yang bertakwa, nasionalis, tangguh, mandiri, dan memiliki keunggulan bersaing secara global dengan bekal keterampilan abad 21 yaitu critical thingking, creativity, collaboration, and communication.

Nilai karakter unggul dan berprestasi sangat erat dengan kemampuan peserta didik untuk menjadi manusia yang mandiri, kreatif, berwawasan kebangsaan beradab sehingga nilai-nilai karakter tersebut diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan penanaman nilai karakter unggul dan berprestasi, seorang peserta didk tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga cerdas secara emosi dan spiritual. sedangkan nilai karakter berprestasi erat kaitannya dengan menghargai prestasi yang merupakan sikap dan tindakan yang mendorong dirinya untuk menghasilkan sesuatu yang berguna bagi masyarakat, dan mengakui, dan menghormati keberhasilan orang lain.



Pengirim : Novita Sagitarani, S.Psi
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas