Pencarian
Banner
HARDIKNAS 2020PPDB2018
Login Member
Username:
Password :
Statistik

Total Hits : 308252
Pengunjung : 96533
Hari ini : 1
Hits hari ini : 137
Member Online : 19
IP : 172.16.88.155
Proxy : -
Browser : Opera Mini
:: Kontak Admin ::

Just Pentest!    Muachh<3
Agenda
26 June 2022
M
S
S
R
K
J
S
29
30
31
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
13
14
15
16
17
18
19
20
21
22
23
24
25
26
27
28
29
30
1
2
3
4
5
6
7
8
9

SEKOLAH SIAGA KEPENDUDUKAN MENINGKATKAN PERENCANAAN MASA DEPAN PESERTA DIDIK

Tanggal : 24-10-2021 14:34, dibaca 108 kali.

Oleh : Indon Roidah, S.Pd., M.M.
Kepala SMA Negeri 5 Tegal

Pemerintah melalui Kementerian Dalam Negeri berusaha meningkatkan kualitas sumber daya manusia di Indonesia dengan didirikannya Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dengan visi menjadi lembaga yang handal dan dipercaya dalam mewujudkan penduduk tumbuh seimbang dan keluarga berkualitas, dan dengan  misi 1) mengutamakan pembangunan berwawasan kependudukan, 2). Menyelenggarakan keluarga berencana dan kesehatan reproduksi, 3). Memfasilitasi pembangunan keluarga, 4). Mengembangkan jejaring kemitraan dalam pengelolaan kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga, 5). Membangun dan menerapkan budaya kerja organisasi secara konsisten. Misi tersebut dapat dicapai melalui pembentukan pojok literasi kependudukan. Pojok literasi kependudukan dapat di bentuk pada satuan pendidikan diantaranya melalui Sekolah Menengah Atas

Sebagai satuan pendidikan, Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Tegal telah mendirikan sekolah siaga kependudukan dengan tujuan mendorong peserta didik agar terbuka wawasan dalam merencanakan masa depan, dengan disediakannya buku-buku tentang kependudukan.

Fakta di lapangan peserta didik SMA Negeri 5 Tegal memiliki prosentase latar belakang profesi orang tua pedagang dan buruh sekitar 98%, wiraswasta 1%, dan PNS 1% didukung dengan latar belakang pendidikan hanya sampai sekolah menengah pertama menyebabkan kurangnya pengetahuan orang tua peserta didik dalam mengarahkan anaknya agar melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi setelah menyelesaikan sekolah di bangku SMA, orang tua cenderung mengarahkan anaknya agar meneruskan usaha yang sudah turun temurun seperti berdagang dan menikah di usia muda, mereka beranggapan tanpa sekolah tinggi dan dengan berdagang bisa mendatangkan kesuksesan secara materi. Hal tersebut mendorong penulis untuk melakukan kegiatan dengan tujuan mendorong peserta didik dalam menambah wawasan, pengetahuan dan cara berfikir logis melalui sekolah siaga kependudukan dengan tujuan memberikan literasi tentang kependudukan agar masyarakat sadar akan pentingnya manfaat yang harus disiapkan dan digunakan serta permasalahan-permasalahan yang harus dihindari dari dampak kependudukan. bonus demografi dapat memacu pertumbuhan ekonomi, yang dapat meningkatkan kesejahteraan bangsa.

Permasalahan yang ada pada SMA Negeri 5 Tegal adalah peserta didik memiliki pengetahuan yang rendah dalam merencanakan masa depan karena tidak banyak membaca dan kurangnya wawasan serta pengetahuan mengenai pentingnya merencanakan masa depan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga mendorong untuk mewujudkan sekolah siaga kependudukan. Tahapan strategi yang digunakan untuk menangani antara lain: 1) Mengidentifikasi masalah dan menganalisa penyebab dan kebutuhan yang diperlukan (need assessment). 2) Melakukan rapat koordinasi dengan tim menejemen sekolah dan bendahara sekolah. 3) Melakukan kerjasama dengan dinas terkait. 4) Merancang pembuatan sekolah siaga kependudukan, menentukan letak dan mendesainnya. 5) Merealisasikan sekolah siaga kependudukan dibantu pihak-pihak terkait.

Remaja khususnya peserta didik SMA Negeri 5 Tegal membutuhkan kegiatan positif yang membantu mereka dapat meningkatkan perencanaan masa depan yaitu dengan membaca buku-buku tentang kependudukan pada sekolah siaga kependudukan yang prakarsai oleh kepala sekolah melalui program yang tercantum dalam pusat informasi dan konseling remaja “Sekar Melati”.

Langkah langkah kepala sekolah dalam merencanakan sekolah siaga kependudukan adalah  sebagai berikut :

  1. Usulan pada pihak sekolah melalui tim manejemen dalam pembuatan sekolah siaga kependudukan.
  2. Melakukan rapat koordinasi dengan tim manejemen sekolah, para wakil kepala sekolah, bendahara sekolah.
  3. Pembuatan sekolah siaga kependudukan

Berdasarkan uraian permasalahan yang penulis paparkan, melalui sekolah siaga kependudukan maka dapat disimpulkan bahwa :

  1. Sekolah siaga kependudukan dapat memberikan kegiatan positif pada peserta didik untuk meningkatkan perencanaan masa depan.
  2. Sekolah siaga kependudukan memberikan banyak informasi dan wawasan pada peserta didik untuk mengetahui lebih banyak tentang program-program kependudukan yang telah di programkan pemerintah melalui dinas pengendalian penduduk dan keluarga berencana.
  3. Sekolah siaga kependudukan dapat meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia menuju bonus demografi. 

 



Pengirim :
Kembali ke Atas
Artikel Lainnya :
Silahkan Isi Komentar dari tulisan artikel diatas
Nama
E-mail
Komentar

Kode Verifikasi
                

Komentar :


   Kembali ke Atas